Selasa, 13 Maret 2012

Satuan Layanan BK Belajar


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Kelas                                       : X
Semeter                                   : I/2011-2012
Hari/tanggal                              : Rabu/1 Februari 2012
Alokasi waktu                          : 1x45 menit
Tempat                                    : Ruang kelas X A
Layanan                                   : Layanan Pembelajaran
Bidang                                     : Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan         : Hambatan Dalam Belajar  
Fungsi Layanan                        : Pencegahan dan Pemeliharaan
A.      Tujuan (Khusus)

1.    Siswa dapat mengetahui hambatan-hambatan belajar apa saja yang dialami
2.    Siswa dapat mengetahui solusi agar dapat belajar dengan baik

B.       Materi                               :  Hambatan Dalam Belajar (terlampir)
C.       Metode                             :  Permainan, diskusi kelompok
D.      Kegiatan Awal             : Mengucapkan salam, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran siswa.

           Kegiatan Inti:
           Eksplorasi:
1.      Menginformasikan materi yang akan dibahas.
2.      Menjelaskan tujuan penyampaian materi.
Elaborasi:
1.      Siswa menuliskan hambatan-hambatan yang dialami saat belajar  
2.      Siswa membacakan hasilnya.
Konfirmasi:
1.      Guru Pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi dari berbagai sumber.
2.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam rangka meningkatkan semangat dalam proses belajar.
Kegiatan Akhir:
·         Siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
·         Pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.

E.       Alat dan Media                   : LCD, Spidol, Kertas
F.       Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut

           Penilaian Proses
           Mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.

           Penilaian Hasil
Ø  Laiseg
Memberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.

Pertanyaan Lisan:
·         Bagaimana cara yang kalian gunakan dalam belajar?
·         Hambatan-hambatan apa yang kalian temukan saat belajar?

Ø  Laijapen
Memantau perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan semangat belajar.
Ø  Laijapang
Melakukan interview pada siswa dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan untuk menilai peningkatan semangat dalam belajar.  
Pedoman interview:
·         Bagaimana cara anda belajar?
·         Apa hambatan yang dimiliki untuk belajar?
·         Apakah ada kendala saat belajar?

G.      Keterkaitan Layanan ini dengan Kegiatan Pendukung
Yaitu dengan menggunakan Himpunan Data.

H.      Pendidikan karakter yang ditanamkan
       - Siswa akan dapat mengatur waktu dalam belajar
       - Siswa akan dapat meningkatkan prestasi balajar di sekolah.
I.    Buku Sumber                    : 

J.    J.    Biaya                           : Kertas (Rp.1000,-)





Salatiga, 1 Februari 2012

Mengetahui        
                                                                                                                                          
Kepala Sekolah                                                                                   Perencana Layanan


Icha Ayu P.                                                                                          Dewi Lestari
132010114                                                                                          132010124







Lampiran 1

MATERI LAYANAN
Topik : Hambatan dalam Belajar

Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami hambatan dalam proses mencapai hasil belajarnya, sehingga prestasi yang dicapainya berada di bawah yang semestinya.
Beberapa tingkah laku yang menunjukkan gejala-gejala kesulitan belajar antara lain menunjukkan hasil belajar yang rendah di bawah rata-rata nilai yang dicapai kelompoknya atau dibawah potensi yang dimilikinnya. Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang telah dilakukan. Lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajar. Menunjukkan sikap-sikap yang kurang wajar, seperti acuh tak acuh, menentang dan, berpura-pura. Menunjukkan sikap-sikap yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mau mencatat pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar. Menunjukkan gejala emosional yang kurang wajar seperti pemurung, mudah tersinggung, pemarah, tidak atau kurang gembira dalam menghadapi situasi tertentu.

Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar
Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dapat digolongkan kedalam dua golongan, yaitu faktor intern dan faktor ekstern.

a)        Faktor intern (faktor dari dalam siswa itu sendiri), meliputi :

            Sebab-sebab yang bersifat fisik:
1)        Karena sakit, siswa yang sakit akan mengalami kelemahan fisiknya, sehingga saraf sensorik dan motoriknya lemah.
2)        Karena kurang sehat, siswa yang kurang sehat dapat mengalami kesulitan belajar, sebab ia mudah cape, mengantuk, pusing, daya kosentrasinyna hilang, kurang semangat, pikiran terganggu.
3)        Karena cacat tubuh , Cacat tubuh yang tetap (serius) seperti buta, tuli, bisu.

Sebab-sebab kesulitan belajar karena rohani :
Apabila dirinci faktor rohani itu antara lain :
1)        Intelegensia
2)        Bakat
3)        Minat
4)        Motivasi
5)        Faktor kesehatan mental

b)        Faktor Ektern
       Faktor keluarga:
1)        Faktor Orang Tua
a.         Cara mendidik anak
b.        Hubungan orang tua dan anak
c.         Suasana rumah / keluarga

2)        Faktor Keadaan Ekonomi Orang Tua
a.         Keadaan ekonomi keluarga miskin (kurangnya alat – alat belajar,kurangnya biaya yang disediakan orang tua, tidak mempunyai tempat belajar yang baik).
b.        Keadaan ekonomi yang berlebihan (kaya)

Faktor Sekolah
1)        Faktor Guru
a.         Guru tidak kulified, baik dalam pengambilan metode yang digunakan atau dalam mata pelajaran yang digunakannnya.
b.        Guru yang kasar, suka marah , suka mengejek, tak pernah senyum ,dll.
c.         Guru menuntut standart pelajaran diatas kemampuan anak.
d.        Metode mengajar guru yang dapat menimbulkan kesulitan belajar.

2)        Faktor alat
a.         Kondisi gedung
b.        Kurikulum
c.         Waktu sekolah dan disiplin kurang

3)     Faktor Massa Media dan Lingkungan Sekolah
a.         Faktor massa media
b.        Lingkungan sosial
c.         Lingkungan tetangga
d.        Aktivitas dalam masyarakat

Peranan Guru Dalam Proses Belajar.
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing dan memberikan fasilitas belajar bagi murid-murid untuk mencapai tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas sehingga kegagalan anak dapat dideteksi sedini mungkin dan selanjutnya guru segera memberikan bantuan dalam proses belajar. 
                                                                                               


Lampiran 2
PEDOMAN PERMAINAN
PINDAH AIR

Dalam permainan ini dibutuhkan 2 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
Bahan yang dibutuhkan:
1    .      Gelas plastik
2    .      Sedotan
3    .      Tali
4    .      Air

Cara permainan:
Masing-masing kelompok berdiri di tempat yang sudah ditetapkan. Masing-masing orang dalam kelompok akan diberi sedotan yang digunakan untuk mengambil air lewat mulut. Setelah itu mereka akan memindahkan air tersebut ke tempat lawannya, dimana masing-masing orang tersebut akan berjalan pada sebuah tali yang sudah di tata sedemikian rupa mereka berjalan. Tiap-tiap kelompok akan berjalan sesuai dengan alur tali yang sudah diatur tadi dan mereka tidak boleh bersenggolan satu dengan yang lainnya.
Disini kelompok mana yang mendapatkan air terbanyak maka dialah pemenangnya.


Lampiran 3
PEDOMAN DISKUSI KELOMPOK

1    .      Apa yang kalian peroleh dari permainan pindah air tadi?
2    .      Apa saja hambatan yang kalian peroleh saat melakukan permainan tadi?
3    .      Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti permainan tadi?


Lampiran 4
PEDOMAN OBSERVASI

Aspek yang diamati
Jumlah (siswa)
Siswa yang ngobrol saat penyampaian materi
10
Siswa yang bertanya
5
Siswa yang mengikuti permainan
32
Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
16
Kelompok yang mengungkapkan hasil diskusi
20
Kelompok yang belum berhasil dalam permainan
8


LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Judul/spesifikasi layanan         : Hambatan Dalam Belajar
Kelas                                     : X SMA YASA ABADI
Waktu pelaksanaan                : Rabu, 1 Februari 2012

Hasil
Kegiatan awal
Mengucapkan salam pada siswa-siswi di kelas, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran siswa atau mengabsen siapa yang tidak masuk kelas pada hari itu.

Kegiatan inti
Menginformasikan materi yang akan dibahas atau yang akan diberikan, menjelaskan tujuan penyampaian materi yang akan disampaikan, kemudain siswa-siswi diminta untuk menuliskan hambatan-hambatan yang dialami saat belajar. Setelah itu siswa-siswi diminta untuk membacakan hasil yang telah dikerjakan. Dan disini guru pembimbing selanjutkan akan memberikan umpan balik terhadap apa yang telah disampaikan dan dikerjakan sebelumnya, guru juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi dalam rangka meningkatkan semangat belajar.

Kegiatan akhir
Setelah kegiatan selesai siswa-siswi diminta untuk menyampaikan manfaat apa aja yang diperoleh setelah menerima layanan tadi. Dan disini pembimbing juga menyampaikan harapan-harapan kepada seluruh siswa-siswi dalam kelas setelah menerima materi layanan yang telah diberikan.

Hasil proses awal
Siswa-siswi sangat antusias karena pada mata pelajaran sebelumnya terasa membosankan dan membuat mereka merasa jenuh. 

2 komentar: